Altis yang bukan Toyota, dan Lite Ace yang ternyata GranMax.


Mungkin kalau lo dengar nama “Altis“, pikiran utama lo adalah mobil di bawah ini ya; Toyota Corolla Altis, yang mulai dijual di Indonesia per tahun 2001. Di mana idenya adalah untuk semacam menaikkan “kelas” dari Corolla.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Corolla Altis 2001 (sumber foto: paultan)

Yaa, lo ngga salah sih. Tapi tahu ngga kalau ternyata ada mobil bernama Altis lainnya yang bukan Toyota? Mobil ini cuma dijual di Jepang sana, dan inilah mobil itu; Daihatsu Altis!

untitled-1
Daihatsu Altis JDM (sumber: daihatsu.co.jp)

Uhmmm, merasa agak familiar? Ya, karena Daihatsu Altis ini adalah kembaran (a.k.a. rebadged) dari Toyota Camry versi Asia-Pacific. Yupp, Camry yang dijual di Indonesia. Dan ya, memang benar-benar kembaran yang cuma copot logo Toyota trus diganti logo Daihatsu; oh iya, logo Camry juga diganti logo Altis. Satu yang unik juga, font dan gaya tulisan Altis-nya plek sama dengan yang ada di Corolla Altis.

untitled-2
Altis & Camry

Perbedaannya apa lagi? Kalau Camry di Indonesia dijual seharga 500 jutaan Rupiah, nah si Daihatsu Altis (kalau di-Rupiah-in) cuma dijual ngga sampai 400 juta Rupiah. Dan, Daihatsu Altis cuma tersedia dalam versi Hybrid aja lho.

Oh iya, jangan dikira ini cuma terjadi di Camry terbaru yahh. Karena Daihatsu Altis sudah copy-paste mulai dari Camry yang lampu belakangnya sipit ini lho..

daihatsu_altis_a1129546895b792469_2
Daihatsu Altis versi awal

Hal ini emang ngga bikin heran sih, karena Daihatsu itu ya emang anak perusahaan dari Toyota. Dan, di Jepang sana hal copy-paste ini udah lumrah. Nah, kalau di Indonesia kita kenal Avanza-Xenia, Rush-Terios, Agya-Ayla, dan yang paling baru si Calya-Sigra. Di Jepang ada beberapa juga, yang mungkin banyak orang yang ngga tahu.

Salah satunya lagi, yang ini nih; Daihatsu Mebius!

main01-1
Daihatsu Mebius (sumber: daihatsu.co.jp)

Daihatsu Mebius adalah kembaran dari Toyota Prius V (atau Prius+ di beberapa negara lain), yang adalah versi steroid dari Toyota Prius reguler. Again, Daihatsu Mebius juga hanya dijual di Jepang aja. Baik Mebius dan Altis, adalah mobil terbesar yang dimiliki oleh Daihatsu Jepang yang memang fokus utamanya adalah jualan mobil kecil (atau Kei-car).

Kalau lo lihat line-up Daihatsu Jepang; bisa lo lihat di website Daihatsu-nya atau di Batfa.com; mobil yang di copy-paste sama Daihatsu Jepang adalah mobil penumpang Toyota. Mobil-mobil itu pun diproduksi di Jepang. Tapi yang satu ini unik.

Toyota, di sana, juga punya model mobil komersial berupa pick-up dan minibus kayak L300-nya Mitsubishi atau Mega Carry-nya Suzuki. Kalau punyanya Toyota, namanya Toyota Lite-Ace. Setelah bertahun-tahun mereka produksi sendiri Lite-Ace di Jepang sana, akhirnya untuk tipe terbarunya Toyota Jepang mutusin untuk impor dari Indonesia lho! Yess, dari Indonesia. Dan ini mobilnya!

untitled-1k
Toyota Lite-Ace (sumber: batfa.com)

Tahu ngga mobil apa itu?? Yess, Daihatsu GranMax! Toyota Jepang mengimpor mobil buatan Astra Daihatsu Motor ini ke Jepang! Boleh bangga dikit lah yaa, hasil karya sini dipake di Jepang sana. Tapi yaa, yang pasti sih mekanismenya ngga cuma lepas logo Daihatsu dan tempel logo Toyota lhoo..

Sebagai negara maju, pastilah standar Jepang lebih tinggi dari di Indonesia. Makanya si Lite-Ace ini pun ada perbedaan yang cukup banyak lhoo dibandingkan dengan GranMax.

Walau mesinnya sama, tapi Toyota Lite-Ace ada yang versi 4WD! Dan juga punya tipe dengan transmisi otomatis. Pengaturan kaca spion sudah elektrik. Kaca depan & tengah sudah elektrik, dengan door trim yang jauh lebih baik dibandingkan GranMax. Di bagian belakang, kaca belakang sudah ada defogger, wiper, Kaca Spion parkir, Lampu Kabut belakang, Lampu Rem ke-3 di bagian atas bodi, dan model bukaan pintu belakangnya ke atas (bukan ke samping). Lebih jelasnya, lo bisa lihat di gambar ini deh;

screen-shot-2016-12-20-at-12-11-21-am
eksterior Toyota Lite-Ace (sumber: batfa.com)
screen-shot-2016-12-20-at-12-11-34-am
dashboard Toyota Lite-Ace (sumber: batfa.com)

Unik ya? Pertanyaan gue sihhh, bisa ngga ya kita pesan GranMax di Indonesia dengan spek kayak Toyota Lite-Ace ini ya?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s